anbk1

SMP Negeri 1 Baturetno mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

SMP Negeri 1 Baturetno mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan ini diikuti oleh 50 siswa. Kegiatan yang akan berlangsung 2 hari ini bertujuan untuk mengukur komptenesi khusus siswa. Kompetensi dasar meliputi kemampuan literasi, numerasi dan ilmiah. Sedangkan kompetensi khusus meliputi kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Hari pertama Senin, 18 September 2023 siswa mengerjakan soal Literasi dan Survey Karakter. Kemudian Selasa, 19 September 2023 siswa mengerjakan Numerasi dan Survey Lingkungan.

ft3

Tunjukan Kepedulian, SMP Negeri 1 Baturetno Bantu Air Bersih Songbledeg

SMP Negeri 1 Baturetno, pada hari Sabtu, 16 September 2023 mengadakan Bakti Sosial Penyaluran air bersih di Dusun Klepu, Desa Songbledeg, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai rasa peduli kepada masyarakat yang sedang mengalami kekurangan air bersih karena kekeringan akibat kemarau yang panjang. Semoga bermanfaat dan berkah untuk semuanya.

ImelDa

Spensaba Kembali Berinovasi, ImelDa Spensaba

Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan manusia, tidak terkecuali di bidang Pendidikan. Dengan adanya teknologi dapat memudahkan siswa untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan dinamis. Peserta didik dapat mencari berbagai informasi terkait materi yang mereka pelajari. Namun disisi lain, peserta didik juga dapat dengan bebas mencari atau melihat informasi negatif yang jumlahnya sangat banyak. Hal ini tentunya memberikan dampak buruk bagi peserta didik.

Perubahan yang sangat dinamis juga dikhawatirkan dapat mempengaruhi rasa bangga dan kepedulian generasi muda terhadap bangsa dan negaranya. Informasi atau pengaruh budaya luar yang dengan mudahnya masuk dan diterima generasi muda, dapat mempengaruhi pola pikir mereka. Hal ini tentunya dapat menggerus rasa nasionalisme, rasa toleransi serta menurunnya karakter dalam diri peserta didik.

Menyikapi realita ini, SMP Negeri 1 Baturetno berinovasi dengan meluncurkan ImelDa Spensaba (Implementasi Budaya SMP Negeri 1 Baturetno)

Beberapa alternatif yang bisa dilakukan untuk melindungi gegerasi muda khususnya peserta didik dari pengaruh informasi/konten negatif dan juga untuk memupuk rasa nasionalisme dapat dilakukan diantaranya dengan memberikan penjelasan pengaruh buruk dari informasi/konten negative yang meraka akses, mengenalkan kekayaan budaya dan sumber daya alam Indonesia.

Namun hal yang dirasa paling efektif yakni adanya pengenalan serta penerapan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, selanjutnya dipublikasikan sehingga menjadi informasi yang positif. Dengan kata lain “memerangi konten negative dengan membuat konten positif melalui implementasi budaya”

SMP Negeri 1 Baturetno menerapkan inovasi ImelDa: Implementasi Budaya Spensaba. Dalam pelaksanaan inovasi ini, ada beberapa tahap yaitu:

  1. Sosialisasi dan Perencanaan proyek kebudayaan
  2. Penyusunan proposal
  3. Presentasi rencana proyek
  4. Tahap Aksi
  5. Penyusunan Draf Laporan
  6. Unjuk Karya
  7. Mengunggah di media sosial

Manfaat adanya inovasi ImelDa Spensaba ini adalah:

  1. Terangkatnya dan terpeliharanya nilai-nilai budaya bangsa Indonesia
  2. Berkembangnya pengalaman belajar yang kontekstual bagi peserta didik, guru dan warga sekolah lainnya.
  3. Berkembangnya budaya positif bermedia sosial.
  4. Meningkatnya kompetensi guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

 Adapun dampak yang bisa dilihat dari inovasi ImelDa ini yaitu meningkatnya sikap nasionalisme, toleransi, karakter diri warga sekolah serta dapat menumbuhkan kesadaran budaya positif dalam bermedia sosial.

FB_IMG_1691992131525

SMP Negeri 1 Baturetno Tergiat Jambore

Gugus depan SMP Negeri 1 Baturetno meraih regu tergiat 1 di Jambore Kwartir Ranting 11.12.11 Kecamatan Baturetno. Perkemahan Jambore dilaksanakan pada 12-14 Agustus 2023, berlokasi di Bumi Perkemahan Tanjunganom Baturetno. Regu putra yaitu Regu Garuda dan Regu Putri yaitu Regu Kenanga gugus depan SMP Negeri 1 Baturetno, berhasil mengawinkan predikat regu tergiat 1. Dengan prestasi ini membuktikan bahwa SMP Negeri 1 Baturetno berkompeten dalam segala bidang.

img10

SMP Negeri 1 Baturetno, Sukses Gelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024

Senin 17 Juli 2023, SMP Negeri 1 Baturetno, Sukses Gelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan yang diikuti oleh kelas VII, VIII dan IX serta Bapak Ibu Guru dan karyawan SMP Negeri 1 Baturetno. Kegiatan dibuka oleh Kepala SMP Negeri 1 Baturetno, Dra. Siti Safuroh.,MSI. Kegiatan MPLS berlangsung mulai tanggal 17 sampai 22 Juli 2023.

Thumbnail PPDB 2023

Hasil Seleksi PPDB 2023/2024

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 1 Baturetno Tahun Pelajaran 2023/2024

Berikut kami sampaikan hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 1 Baturetno Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk jalur zonasi kombinasi prestasi, afirmasi dan mutasi orang tua. Silakan lihat hasil seleksi berikut!

Bagi calon peserta didik yang diterima diwajibkan melakukan daftar ulang 1 dan 3 Juli 2023.

Calon peserta didik yang tidak melakukan daftar ulang dianggap mengundurkan diri.

Terima kasih

1

Sambut Orang Tua Murid, SMPN 1 Baturetno Gelar Festival Budaya Nusantara

SMP Negeri 1 Baturetno menggelar kegiatan Festival Budaya Nusantara. Kegiatan ini digelar untuk menyambut kehadiran orang tua/wali murid kelas IX yang hadir untuk menerima pengumuman kelulusan. Kegiatan berupa gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini berlangsung meriah.Kegiatan dilaksanakan di halaman SMP Negeri 1 Baturetno, Kamis (8/6/2023). Dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars SMP Negeri 1 Baturetno, kegiatan ini berlangsung khidmat. Lantunan doa untuk kelancaran dan kemanfaatan kegiatan dilakukan bersama sebelum kegiatan inti dilaksanakan.Kegiatan inti Festival Budaya Nusantara berupa sajian lagu-lagu daerah. Para siswa tampak antusias dan terampil membawakan berbagai lagu daerah, mulai dari Cik-Cik Periuk, Cublak-Cublak Suweng, Dan Dap Dape, Yamko Rambe Yamko, Sipatokaan, Bungong Jeumpa, Minangkabau, dan Manuk Dadali. Kegiatan ini digelar untuk mengembangkan jiwa kebhinekaan global pada diri siswa.

FB_IMG_1684569789265

Peringati Harkitnas dan Hari Jadi ke-282 Kabupaten Wonogiri, SMP Negeri 1 Baturetno Gelar Upacara

SMP Negeri 1 Baturetno menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 dan Hari Jadi ke-282 Kabupaten Wonogiri. Kegiatan dilangsungkan di lapangan sekolah pada Sabtu, (20/5/2023). Seluruh guru dan karyawan beserta para siswa dengan penuh khidmat mengikuti upacara ini.

Berbeda dengan upacara sebelumnya, kegiatan upacara kali diawali dengan pembacaan sejarah berdirinya Kabupaten Wonogiri. Pembacaan dilakukan guna memberikan pemahaman mengenai sejarah dan perjuangan berdirinya Kabupaten Wonogiri.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana Prasarana, Hariyanto, bertindak sebagai pembina upacara. Pembina upacara mengajak warga sekolah bangkit mandiri dengan semangat “Go Nyawiji Muginani”. “Kita harus bangkit dan mampu menjawab tantangan era global serta revolusi industri,” ungkap Pembina Upacara. (AD)

hardiknas 1

SMPN 1 Baturetno Gelar Upacara Hardiknas

Peringati Hari Pendidikan Nasional 2023, SMP Negeri 1 Baturetno menggelar upacara bendera. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan SMP Negeri 1 Baturetno, Selasa (2/5/2023). Upacara diikuti siswa kelas VII dan VIII, di saat yang sama siswa kelas IX mengikuti Penilaian Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (PSASP) tahun pelajaran 2022/2023.Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, M.F. Al Fatah, bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, Fatah menyampaikan tema Hardiknas 2023 adalah Bergerak Serentak Semarakkan Merdeka Belajar. “Penguatan profil pelajar Pancasila menjadi tema utama Hardiknas kali ini. Diharapkan terbentuk karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Kurikulum Merdeka yang saat ini diterapkan,” imbuh Fatah. (AD)